Sabtu, 07 Januari 2012

Beberapa Urban Legends di Indonesia

Quote:
Batu Temanten, watu agung Semarang

batu bernuansa mistis ini terletak di pinggir jalan yg menghubungkan dusun sembir dan desa watu agung, dianggap angker dan tak jarang orang dari luar desa watu agung mengalami kejadian aneh ketika berada di dekat batu tersebut. pernah ada saksi mata seorang pengendara motor tiba2 mesin nya mogok dan melihat orang tinggi besar sedang duduk di atas batu tsb dan di kelilingi ular besar
Quote:
Grojogan Sewu, gunung lawu ,surakarta

tak jauh dari tempat wisata grojogan sewu terdapat sebuah jembatan yang beken disebut "kretek pegat". adapula yg menamai jembatan "pegat sih". nama itu diberikan berdasrkan pengalaman empirik, bahwa jembatan tersebut sering mengakibatkan pegatan atau perceraian. dulu sekitar tahun 70-an ada cerita pasangan pengantin baru melakukan piknik ke tempat ini kemudian ketika pulang ke Madiun, keduanya tewas setelah motornya menabrak pohon besar hingga ringsek. Dari beberapa kesaksian dari mereka yang sering berada di tempat tsb, pada hari2 tertentu saat petang datang sering terlihat seorang kakek melintas diantara kabut yang menyelimuti kretek pegat.
Quote:
Belik Tejo, Wonogiri. jawa tengah

bagi pasangan baru jangan sekali2 berada di seputar belik tejo. karena pernah ada cerita sepasang pengantin hilang secara ghaib di tempat itu. pantangan seperti itu telah di percaya penduduk setempat sejak dulu. begitu pula bagi mereka yg lagi kasmaran, jangan sekali2 pacaran di tempat itu walaupun tempatnya sangat menarik dan berhawa sejuk.
pernah ada upaya pencarian pengantin yg hilang tsb tetapi hasilnya nihil. belik tedjo ditunggui sosok gaib bernama kyai Suryotedjo, seorang bangsawan kerajaan besenjatakan tombak bermata tiga
Quote:
Kebak Keramat sragen

tempat ini seperti berkonotasi angker yaitu kebakkeramat, sesuai namanya kecelakaan sering terjadi di daerah tersebut. contoh kasus kecelakaan yang menewaskan letkol inf aryabu aryanto, wasintel kostrad div II malang, beserta ajudannya Praka Muharto.
Disusul bus menghantam satu keluarga berboncengan motor, bapak dan anak tewas, ibu koma dalam sepekan di medio akhir tahun lalu. masyarakat berkeinginan mengganti nama daerah tersebut menjadi kebakrahmat agar bisa meminimalkan jumlah korban kecelakan di daerah tsb.
Quote:
Sumber Banyu Urip Batik Madrim, klaten

sumber mata air di daerah ini konon dapat menyembuhkan beberapa penyakit. sumber air yang telah di bangun bedeng tembok ini terletak di tengah areal persawahan, pada sekeliling tembok tsb di tumbuhi tanaman lamtoro dan alang2.

misteri lain selain air yg konon dapat menyembuhkan penyakit ini adalah sering munculnya ular sebesar pohon kelapa yg mempunyai jengger. menurut cerita rakyat setempat ular tersebut adalah mahkluk gaib yg menjaga sumber air tersebut yg konon juga menunggu keris atau tombak pusaka. jadi jangan kaget apabila anda berencana wisata ke daerah tsb tiba2 muncul ular berjengger besar sebesar pohon kelapa didepan mata anda karena belum ada catatan bahwa ular tsb pernah memakan korban.
Quote:
Giri bangun, karanganyar

tempat ini menjadi terkenal kemistisannya karena komplek ini merupakan komplek pemakaman tokoh2 besar seperti makam Giri bangun, makam pangeran Sambernyawa dan terakhir makam ibu Tien soeharto.
menurut keterangan seorang juru kunci makam apabila burung terbang melewati makam tersebut akan jatuh mati dan jika dipotret tidak ada gambarnya.

---------------------- daerah lainnya -----------------------------

Quote:
Sumur Puteri, Lampung

untuk wilayah Lampung, ada tempat yang terkenal dgn nama sumur puteri. ditempat ini sering di jadikan tempat bertemunya gadis2 cantik dari alam lain, yang turun pada saat ritual keramasan sebelum puasa.
ada juga siluman buaya putih yang berdiam di pusaran air yang ada di sisi sungai ini.
Quote:
Situ Bagendit, Garut

situ bagendit adalah nama tempat wisata di daerah garut, konon menurut cerita tidak jarang terlihat lintah sebesar kasur di sungai situ bagendit yang merupakan jelmaan dari Nyi Endit yg dahulu kala pernah dikutuk disebabkan nyi Endit seorang kaya raya yg terkenal pelit dan rentenir.
Quote:
Candi sukuh, karanganyar Jawa tengah

candi sukuh ini terletak di kaki gunung lawu, menurut sejarah candi ini adalah candi yg terakhir di bangun di masa kerajaan Hindu. di candi ini banyak tergambar relief2 orang sedang melakukan hubungan intim, masyarakat setempat menyebutnya dengan candi rusuh (saru atau tabu).
ada mitos unik di candi tersebut dimana konon laki-laki yang ingin mengetes kekasihnya masih perawan atau tidak dapat datang ke tempat ini, dengan cara si wanita melompati relief batu yg berbentuk alat kelamin laki-laki.
jika kain kebayanya sobek maka wanita tersebut masih perawan, tetapi apabila kainnya terlepas maka wanita tersebut dianggap tidak perawan.
Quote:
Hantu cekik, grobogan Semarang

Pernah ada suatu isu/mitos di grobagan semarang, dimana terdapat Hantu yang sering mencekik tanpa diketahui wujudnya mencekik orang yg sdg di dalam rumah, akhirnya para penduduk setempat setempat tidur diluar/digang karena tidak berani tidur di dalam rumah, isu ini juga menyebar di daerah pinggiran pantai tambaklorok.
Quote:
Gunung Kemukus, Sragen

di gunung kemukus ini terdapat ritual seks yang dilakukan oleh pasangan2 tidak dikenal dgn keyakinan mitos pasangan yg melakukan ritual tsb keinginannya akan terkabul.

menurut mitos konon pada dahulu kala ada bangsawan yg bernama pangeran Samudro dari kerajaan Majapahit (ada yg bilang dari kerajaan Pajang).

Pangeran ini konon mencintai ibunya sendiri yg bernama Dewi Ontrowulan, hubungan incest ini kemudian di ketahui oleh ayahnya dan sang pangeran dikejar oleh ayahnya sampai gunung kemukus, kemudian sang pangeran menghembuskan nafasnya yg terakhir di bunuh ayahnya sendiri.

sebelum menghembuskan nafas yg terakhir sang pangeran sempat bersumpah "baiklah aku menyerah, tapi dengarlah sumpahku. siapa yg mau meniru perbuatanku, itulah yg menebus dosaku dan aku akan membantunya dalam bentuk apapun."

jadi jangan heran bin kaget kalo sewaktu-waktu maen2 kedaerah tsb tiba2 lagi jalan kesandung-sandung orang-orang lagi begituan disiang hari dgn beralaskan tiker doang ..hehehe
Quote:
Gedung lawang sewu, Semarang

Gedung tua lawang sewu terletak di jantung kota semarang, tepatnya di sisi persimpangan tugu muda, dari namanya lawang sewu kalo diartikan adalah "1000 pintu". jadi ada banyak cerita juga di gedung lawang sewu ini, seperti adanya suara rantai yg terseok-seok, penampakan2 hantu wanita di jendela2, dll.

transtv dalam acara dunia lain pernah melakukan uji nyali dengan tertangkapnya gambar seorang kuntilanak sedang melayang-layang di dalam gedung tsb.

konon ada lorong2 yg menghubungkan gedung lawang sewu ini dengan sman 3 semarang (di jalan bodjong atau pemuda) dan sman 1 semarang di jalan soepono.

lorong tsb di gunakan para pejuang kemerdekaan untuk lolos dari kejaran para musuh, tapi lorong tersebut tidak diketahui keberadaannya.
Quote:
Bali Beach Hotel, Denpasar

hotel ini memiliki kamar mistis dgn no kamar cottage 2401, konon kamar tsb di huni oleh nyi Roro Kidul.

menurut para pegawai, awalnya cottage itu di sewakan, namun pernah terjadi hal2 ganjil. seperti tamu hotel yg menginap tiba2 marah tanpa sebab dan ada juga yg bawa anak satu tapi dilihat anaknya jadi dua.
Quote:
Inna hotel, Denpasar

di hotel ini terdapat kamar yg disucikan. kamar tsb dipercaya sebagai kamar pilihan mantan Presiden Soekarno, yang kabarnya memiliki hubungan cinta dengan nyi Roro Kidul. kamar tsb bernomor 327. satu2nya kamar yg tidak terbakar saat hotel itu mengalami kebakaran hebat pada tahun 1993.
Quote:
Bukit Gombel, semarang

kabar adanya penampakan pocongkkkkkkkkk di hutan bukit gombel ini sudah terkenal mitos2 nya di masyarakat semarang , tidak jarang para saksi melihat penampakan tersebut dan konon ada sebagian orang yg berhasil memfotonya dimana sang pocongkkkkkkkkk melayang dari pohon ke pohon.
Quote:
Gerbang Gendruwo, Desa Besowo, kec Jatirogo Tuban

di bawah pohon beringin besar ditengah pekuburan tua yang terletak di sebelah timur desa Besowo dipercaya menjadi pintu keluar masuk Gendruwo yg di perdagangkan.

menurut sebagian warga, gendruwo di daerah ini dapat dibeli dgn syarat2 tertentu. pengunjung biasanya diajak dukun setempat untuk pengambilan mahkluk setengah manusia setengah demit dengan cara mempersembahkan sesaji, membakar dupa dan bersemedi semalam suntuk.

penduduk stempat memanggil gendruwo tsb dgn nama "mbah Ireng".
konsumen yg membeli gendruwo ini di berikan 2 bungkusan, bungkusan yg pertama berisi gendruwo dan bungkusan yg kedua berisikan penangkal agar gendruwo tsb tidak dapat masuk kedalam rumah.

jika konsumen tidak memiliki penangkal dia bisa berubah wujud mirip si pemilik rumah dan meniduri istri orang tsb saat terlena. Di desa besowo ini juga ada sebuah hutan yg cukup angker di sebutnya hutan larangan dimana mengandung mitos "jalma mara jalma mati"(siapa yg berani datang akan tewas).

pernah ada cerita seorang mandor hutan masuk ke hutan larangan dan tidak pernah kembali dan di temukan sudah tewas begitu juga ternak2 penduduk yg kabur ke dalam hutan dan setelah ditemukan hewan tersebut juga sudah tewas.


Quote:
Pantai Karanghawu, Sukabumi

nama karanghawu berasal dari adanya gugusan batu karang yg menyerupai hawu atau tungku di lokasi itu.
batuan itu merupakan terumbu karang yang telah mati dan mengeras, konon batu yang menjorok ke laut itu merupakan singgasana ratu laut selatan Nyi Roro Kidul.

di atas bukit terdapat sebuah rumah yang dikenal sbg tempat persinggahan sang Ratu beserta para dayangnya.

pada sisi bukit yg menghadap ke laut lepas, terdapat sebuah batu karang yg menyerupai kursi. batu itu konon kerap di jadikan tempat bersemedi sejumlah tokoh nasional. "dulu ada yg memotret batu itu, ternyata di dalam foto itu, batu tersebut jadi perempuan cantik sedang bersimpuh" papar Ujang, pemandu wisata.
Quote:
Parangtritis, Yogyakarta

pantai Parangtritis merupakan tempat wisata yang menempati peringkat teratas dalam angka kunjungan wisata di Yogyakarta, pantai yang landai dengan bukit berbatu. parangtritis juga merupakan salah satu tempat keramat yg masuk dalam daerah bantul.

sering terdengar kabar ada pengunjung yg hilang terseret gelombang.
keanehan terjadi manakala pengunjung yg nahas tsb hilang bagai di telan bumi dan bahkan pengunjung yg hanya bermain pasir di pinggiran pantai pun bisa terseret ombak sampai ke tengah laut. Tim SAR rata-rata baru bisa menemukan jenazah 2-3 hari kemudian setelah melakukan penyisiran.
Quote:
Ikan Tapah, sungai batanghari Banjarmasin

ikan tapah adalah ikan raksasa yg panjangnya dapat mencapai 2,5-3 meter, konon ikan ini dapat menyabitkan ekornya yg dapat mengakibatkan perahu nelayan terbalik, di jambi juga gempar karena seorang pemancing mendapatkan seekor ikan tapah sebesar 42 kg di daerah aur duri dan sempat difoto dgn kamera hp.



Quote:
Hantu Clara di Studio Gambar Arsitek UNPAR Bandung

Banyak orang yang pernah melihatnya. Katanya di saat-saat tertentu dia suka menampakkan diri seakan-akan sedang menggambar di depan meja gambarnya. Tapi, tidak ada yang bisa melihat mukanya karena dari arah manapun yang kelihatan hanya Rambut dan Punggungnya.

Clara dulunya adalah salah seorang mahasiswi cerdas ars-unpar angkatan 80-an, pada tingkat akhir, mahasiswa ars harus menyelesaikan tugas Gambarnya di ruang lab gambar kampus ~ begitu juga Clara, setelah berjam-jam disibukan dengan tugas gambar, dia berniat untuk istirahat makan malam di warung depan kampus unpar, ketika tiba-tiba sebuah mobil berlari dengan kencangnya menabrak Clara hingga meninggal ditempat.

Selanjutnya penampakan Clara sering terlihat pada mahasiwa baru ars yang kadang kala harus begadang di kampus atau mahasiswa yang tinggal disekitar kampus unpar, yang kebetulan keluar malam untuk makan malam. Sejauh ini belum pernah terdengar hantu Clara mengganggu (tentu saja selain penampakannya).
Quote:
Rumah Angker di Jln. Rancabentang Ciumbeuleuit Bandung

Kalo anda berjalan dari arah jalan Kiputih (Depan Bumi Sangkuriang) lalu berbelok ke kiri, anda akan masuk ke Jln. Rancabentang.
Di ujung jalan, sebelah kanan terdapat makam keluarga yang gelap dan berkesan "dingin".

Di sebelah makam itulah terdapat rumah kosong bernomor 13 yang menurut orang-orang sekitarnya angker. Tidak ada yang betah tinggal di rumah itu. Yang lebih aneh lagi, kalau diperhatikan dengan lebih teliti, rumah berhalaman besar di sisi kiri jalanpun (berada di seberang rumah no 13 tadi) bernomor 13 juga ! Mana bisa dalam satu jalan terdapat 2 rumah bernomor sama 13 ??
Quote:
Hantu Bermuka Rata di daerah Gedung Sate. Bandung

di tempat berdirinya Gedung Pusat PT Telkom sekarang ada Lapangan Hockey. Penjaga lapangan itu pernah cerita, suatu tengah malam dia membeli sate di daerah Lapangan Gasibu sekarang. Pada saat si tukang sate mendekat, si penjaga melihat bahwa si tukang sate mukanya rata. Tidak ada hidung, Tidak ada Mata dll. Polos, Rata!

Dengan ketakutan si penjaga lari terbirit-birit. Ketemu tukang beca yang sedang istirahat, dia berniat untuk berbagi cerita. Mendengar ceritanya, tukang beca itu membuka topi yang menutupi mukanya sambil berkata : "Rata seperti ini...??". Mukanya rata juga. Penjaga lapangan itu terus berlari dan setiap ketemu orang, mukanya juga rata. Cerita ini beberapa kali gue denger, dari orang yang berbeda...
Quote:
Patung Pastur di Taman Maluku Bandung

Coba perhatikan dengan teliti kalau kebetulan lewat. Perhatikan posisi dan arah pandangan patung itu. Gue liat sendiri (atau sekedar hayalan gue aja), kepala patung itu sering berubah posisi dan arah pandangannya.
Quote:
Ambulance Hantu, Tepatnya di jalan Bahureksa di Bandung

ada salah satu rumah disitu terknal angker.Peninggalan zaman kolonial. Konon pernah tinggal sekeluarga Belanda disana.
Sampai akhirnya sekeluarga Belanda itu mengalami kecelakaan,sampai mereka semua menemui ajal.Konon mereka dibawa oleh ambulance dari tempat kecelakaan.

Rumah mereka kosong untuk sementara. Tapi, besoknya ambulance itu balik lagi ke rumah mereka tanpa ada supirnya. Pihak rumah yaitu penjaga rumah bingung bukan kepalang. Akhirnya dia memutuskan mengembalikan ambulance itu ke rumah sakit. Tetapi, malam berikutnya ambulance itu balik lagi,dan tanpa supir. Kejadian itu terus berulang-ulang sampai akhirnya diputuskan ambulance itu ngga pernah diablikkin lagi. Sampai sekarang masih ada di halaman depan rumah itu.
Quote:
Hantu Nancy di sma 5 bandung

sering terjadi kesurupan siswa-siswi sma tersebut. kebanyakan korban kesurupan adalah para siswi dengan serinngnya meracau menggunakan bahasa belanda.
Quote:
Kawah putih, Gunung Patuha Bandung

Sebagaimana cerita-cerita mistis yang berkembang, kuburan para sesepuh yang dianggap keramat juga terdapat di sekitar kawah. Seperti yang ditemukan oleh Kuncen Abah Karna, bahwa di Kawah Putih terdapat beberapa makam leluhur diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangga Sadeng, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barakhbak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong. Di salah satu puncak Patuha yaitu "Puncak Kapuk" merupakan tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Setru. Di tempat ini konon sekali-kali suka ada penampakan ( secara ghaib ) sekumpulan domba berbulu putih yang oleh masyarakat disebut "Domba Lukutan".
Quote:
Terowongan KA jakarta-Bandung, Purwakarta

pada saat memasuki terowongan tersebut konon sering terdengar suara sinden sedang menyanyi, menurut sejarah setempat, pada dahulu kala belanda sedang menggali terowongan KA tetapi selalu gagal, dan yg tergali hanya setengah. menurut orang pintar setempat penunggu gunung tersebut meminta tumbal satu set pemain ronggeng. alhasil si orang belanda menyetujui syarat tersebut dan menyewa pemain ronggeng satu set kemudian di kubur hidup2 di dalam terowongan yg setengah jadi.
Quote:
Cadas Pangeran, Sumedang

kejadian di Cadas Pangeran kebanyakan adalah supir2 truk yg menyetir sendirian (tanpa kernet), dimana sang supir truk sering di cegat seorang wanita berparas cantik yg ingin menumpang dimana wanita tsb adalah seorang kuntilanak
Quote:
Rumah sakit Advent, Bandung

menurut rumor ada patung kuda yg sering hilang di atas rumah sakit tsb, dan fenomena ini hanya bisa dilihat dari arah jalan cipaganti
Quote:
Patung Pastur di Taman Maluku Bandung

Coba perhatikan dengan teliti kalau kebetulan lewat. Perhatikan posisi dan arah pandangan patung itu. Gue liat sendiri (atau sekedar hayalan gue aja), kepala patung itu sering berubah posisi dan arah pandangannya.
Quote:
misteri REL KERETA API angker Antara Jakarta-Cirebon Kali Bekasi, (tempat pembantaian Dai Nippon .)

Di sekitar rel kereta Jembatan Kali Bekasi hampir setiap bulan menelan korban jiwa. Baik yang tertabrak maupun yang terserempet kereta. Diantara korbannya adalah seorang pejabat Pemkab Bekasi,yang saat itu bersama sang istri melaju di lintasan rel Jl.Perjuangan. Mobilnya tertabrak kereta dan terseret hingga ke arah jembatan.

Jembatan sepanjang 70meter itu hingga kini masih berdiri kokoh, sudah berkali-kali ganti warna, namun misteri tetap menjadi cerita mistik yang mengalir begitu saja, manakala terjadi kecelakaan kereta.
Tak ada angka yang pasti berapa sudah korban yang tewas akibat ditabrak kereta pertahunnya,perbulannya atau perminggunya. Kami tidak pernah mencatat karena urusannya ditangani polisi, kata Edi Sofiyan, petugas di Stasiun KA Bekasi.
Quote:
Samudra Beach Hotel Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Dihotel ini bersemayam seorang ratu dunia gaib yang terkenal diseluruh nusantara dan oleh pihak management hotel diberikan kamar khusus yang terletak di lantai 3 No. 315. silahkan datang dan buktikan
Quote:
kereta hantu di jalur Jakarta-Bogor

sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi mereka yang biasa naik kereta rel listrik (KRL). Memang banyak yang mengalami kejadian naik 'kereta hantu', tapi sulit dibuktikan. Bagi yang pernah mengalami, sudah pasti mereka jera naik KRL di waktu malam hari.

Kejadian kereta hantu, si penumpang setelah turun kereta tiba-tiba KRL lenyap, dan kejadiannya sudah pasti di luar jadwal kereta, seperti pada larut malam, saat KRL sudah tidak beroperasi lagi.
Quote:
Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Banyak kejadian para turis domestik maupun asing terseret ombak setinggi 2 meter tanpa bisa di selamatkan, keanehan kejadian tersebut adalah di mana para korban hanya yang mengenakan pakaian yang berwarna hijau.
Quote:
Jalan Tol Cipularang Purwakarta

Warga di sekitar jalan tol Cipularang yang sering ambles meyakini adanya makhluk penunggu. PT Jasa Marga pernah menyembelih kerbau untuk tumbal si penunggu tapi masih kurang.

Bagian jalan tol yang ambles pada tanggal 28/11/2006

pukul 22.00 terjadi di Km 91+600 yang masuk wilayah Kampung Batu Datar, Desa Cibodas, Sukatani, Purwakarta. Jalur cepat penghubung Jakarta-Bandung ini pun ditutup dan baru dibuka kembali pada hari Rabu nya. Menurut Warga, ada tiga orang yang tewas saat mengerjakan proyek jalan tol ini adalah seorang mandor dan dua pekerja. Modus kematiannya pun berbeda-beda.

Ada yang tertabrak mobil dari salah seorang staf PT Jasa Marga, ada yang tergencet trailer. Seorang pengendara mobil dari Jakarta ke Bandung mengisahkan, dua pekan lalu ia mendampingi pamannya pulang ke Bandung siang hari. Ia mengatakan pamannya kehilangan kesadaran pada Km 69 sehingga mobil membentur trotoar dan terbalik di Km 72. Mobil rusak tapi seluruh penumpang selamat.

"Anehnya, ada pengemudi di belakang kami yang berhenti dan menyalami paman saya. Dia bilang begini: 'Selamat bapak tidak terluka. Saya juga pernah hilang kesadaran di sini. Katanya, di sini rawan. Sudah ada yang meninggal'," katanya.


Quote:
Kebun Raya Bogor

menurut para saksi sering di temukan telapak kaki besar pada saat setelah terjadi badai hujan besar di kebun raya Bogor, konon telapak kaki itu adalah milik prabu Siliwangi dari kerajaan Pasundan yg sedang murka.
Quote:
Gunung salak Bogor

Gunung salak angker karena telah sering memakan korban, terutama di pihak para pencinta alam, kejadian yang terekam pada tahun 80 -an telah hilang 5 orang mahasiswa dari Jakarta dan di temukan telah meninggal dengan keadaan tanpa busana di tempat-tempat yang berbeda selang beberapa hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar